Interview with Muhammad Suiçmez (Necrophagist)

Necrophagist adalah satu dari band death metal Jerman. Yah, bahwa label tidak persis menceritakan kisah keseluruhan. Bahkan melepaskan CD yang tersedia untuk proyek ini, Mulai dari Putrefaction, adalah satu-satunya produk Muhammad Suiçmez, putra dari salah satu orang Turki yang banyak pergi ke Jerman pada 1960-an, mencari kerja dan kehidupan yang lebih baik bagi keluarga mereka. Suiçmez dibesarkan di rumah tangga tradisional Turki, dalam sebuah budaya yang bukan miliknya. Meskipun larangan yang diberikan pada dirinya dari lingkungan ini, Suiçmez tidak hanya menaruh perhatian di death metal, tapi juga secara ajaib menjadi virtuoso gitar. Apa yang terutama luar biasa adalah bahwa dia melakukannya tidak hanya tanpa manfaat pelajaran tunggal, tetapi seluruhnya dalam kerahasiaan dari perhatian orang tua yang tegas.
Read this:

Maelstorm: Apa yang membuat Anda bermain gitar, Muhammad?

Muhammad Suiçmez: Pertanyaan yang bagus. Saya mulai ketika saya berusia 15 tahun. Itu tahun 1990. Saya rasa saya punya keinginan untuk bermain gitar sejak saya berusia 10 tahun karena saya suka musik metal. Saya ingin bermain gitar dan membuat sebuah band sendiri.

Maelstorm: Apa musik metal yang Anda dengarkan ketika berumur 15 tahun?

Muhammad Suiçmez: Oh, murni death metal. Era pertama death metal. Dimulai dengan Leprosy of Death dan menuju ke depan pada album Left Hand Path milik Entombed. Band favorit saya berasal dari sekitar daerah waktu itu.

Maelstorm: Jadi, Anda mengajar diri Anda sendiri bermain gitar.

Muhammed Suiçmez: Yeah, I did.

Maelstrom: Luar biasa!

Muhammed Suiçmez: Terima kasih banyak. Tapi, itu pertanyaan yang sangat menarik, karena orang tua saya sangat konservatif, sekolah tua orang-orang Turki. Mereka tidak pernah ingin aku bermain gitar. Itu adalah masalah terbesar saya. Mereka melarang saya untuk bermain gitar.

Maelstorm: Bagaimana Anda memilih nama NECROPHAGIST?

Muhammed Suiçmez: Itu hasil dari saya delapan tahun di sekolah Latin. Saya kebetulan bahwa kata-kata “phagus” (untuk makan) dan “Necro” (orang mati). Aku ditanyai banyak pertanyaan tentang itu: mengapa saya memilih sebuah band dengan awalan “Necro.” Saya mendapatkan pertanyaan ini sepanjang waktu. Tapi, Anda harus menyadari, ketika aku memilih moniker ini, itu 12 tahun yang lalu. Tidak ada banyak band dengan awalan “Necro.” Masalah NECROPHAGIST adalah bahwa orang yang tahu tentang itu terlambat! Aku memilih nama itu karena [pada waktu itu] nama seperti itu tidak terlalu umum. Tentu saja aku tahu dari Necrophagia, dan band ini sebelumnya bernama Necrophilist. Saya pikir itu tidak cukup kuat, jadi saya pikir mungkin NECROPHAGIST terdengar lebih baik.

Maelstorm: Apa album yang paling sering Anda dengar?

Muhammed Suiçmez: Oh. Good question. Album Entombed – Left Hand Path. Aku juga sedang mendengarkan musik klasik, seperti Simfoni # 5 dari Beethoven, bersama dengan Prokofiev dan Mozart.

Maelstorm: Saya membandingkan dengan hubungan ras kita di Amerika Serikat. Tampaknya di Jerman bahkan sekarang ada begitu banyak kebencian rasial dari kelompok skinhead. Rasanya jadi aneh beberapa lingers begitu kuat di Jerman.

Muhammad Suiçmez: Bila anda begitu jauh dari Jerman, sulit untuk mendapatkan wawasan tentang itu. Apa yang Anda dapatkan dari media tidak persis apa yang terjadi. Hal ini tergantung pada wilayah dimana Anda tinggal. Saya tinggal di selatan Jerman 50 kilometer dari Stuttgart. Di wilayah saya tinggal ini tidak begitu bermasalah dengan skinhead dan hal-hal rasial. Di Jerman Timur, negara-negara baru ini bermasalah besar dengan pengangguran. Di mana ada masalah besar dengan pengangguran, ada kebencian rasial dan konflik. Jika Anda seorang Turki dan tinggal di Jerman anda akan memiliki masalah.

Maelstorm: Apa itu?

Muhammad Suiçmez: Masalah utama adalah orang Turki memiliki agama yang berbeda dari Jerman. Jika mereka adalah orang asing dari Italia, atau Yunani, atau Yugoslavia, itu berbeda, karena kebanyakan dari mereka yang Katolik atau Protestan. Tetapi budaya Jerman dan Turki adalah berbeda, jadi ada konflik sepanjang waktu. Jadi orang-orang Turki mencoba untuk menegakkan budaya mereka sendiri dan tidak kehilangan, jadi mereka menyembunyikan sedikit di dunia kecil mereka sendiri di dalam Jerman. Orang-orang di Jerman memiliki pandangan yang salah dari Turki karena itu menjaga reputasi lebih jauh. Anda selalu asing. Tidak masalah jika Anda diintegrasikan ke dalam budaya, atau pergi ke sekolah dengan Jerman, atau sedang melakukan hal yang sama seperti Jerman. Aku cukup banyak terintegrasi dalam budaya ini. Aku pernah kehilangan budaya sendiri. Satu perbedaan antara aku dan sebagian besar Turki adalah saya tidak berkulit gelap. Untuk penampilan saya, orang tidak bisa mengatakan bahwa saya Turki. Mereka pikir saya Jerman. Memang tidak mudah, karena Anda tinggal di dua dunia. Seperti saya yang memiliki orang tua konservatif yang ingin menegakkan kebudayaan pada saya, itu tidak masalah bagi saya. Tapi, untuk berurusan dengan budaya Jerman, itu sedikit sulit jika itu niat Anda untuk hidup antara dua kursi, seperti pepatah dalam bahasa Jerman. Banyak orang Turki muda tidak ingin memiliki bagian dari budaya Jerman. Tapi karena aku lahir dan tinggal di Jerman, aku harus cukup tahu budaya, bagaimana orang-orang pikirkan. Tapi aku akan selalu memiliki masalah ketika orang-orang tahu bahwa aku adalah orang asing, orang Turki, terutama karena Turki tidak memiliki reputasi baik di Jerman.

Ini selalu terjadi: jika Anda tidak tahu tentang budaya yang berbeda, Anda tidak dapat membuat pandangan budaya yang benar dan Anda akan memiliki prasangka. Itulah yang saya alami. Saya lahir di sini dan tahu budaya tentang Jerman karena saya tertarik di saat aku tinggal di sini. Tetapi orang-orang Jerman hidup dengan tidak tahu apa-apa tentang Turki, orang-orang atau agama saya.

Maelstorm: Kau tahu bagaimana anti-Kristen ini sangat populer di Metal. Banyak band-band yang berbicara tentang anti-Kristen dan mungkin membaptis diri mereka. Aku ingin tahu apakah Metal pernah ada di dunia Muslim, bahwa akan ada band muslim anti-Muslim.

Muhammed Suiçmez: Saya tidak berpikir begitu.

Maelstorm: Bisakah Anda pernah membayangkan diri berkata: “Benar, aku akan menulis sebuah album terhadap agama Islam!” ,Sama seperti orang-orang dari Norwegia yang telah dibaptis berkata: “Aku akan menulis sebuah album terhadap agama Kristen!”

Muhammed Suiçmez: Well, ini hanyalah sebuah mode. Maafkan aku untuk semua penggemar Black Metal, aku tidak ingin membuat musuh. Aku tidak bisa menerima lirik ini untuk serius. Saya pikir Anda tidak boleh menyebarkan sesuatu seperti itu. Semua orang memiliki hak untuk percaya pada apa yang dia inginkan. Jika Anda anti-Kristen atau anti-Muslim. Saya tidak melihat titik jelas yang membawa ke dalam musik. Musik tidak boleh politis. Anti-Kristen ini liriknya adalah politik. See what I mean. Aku tidak pernah bisa membayangkan melakukan lirik seperti itu, bahkan jika saya anti-Muslim atau anti-Kristen. Kenapa harus saya?

Metal dengan lirik anti-Muslim? Mungkin di Turki, tapi aku tidak bisa membayangkan itu. Dalam bahasa Arab dan negara-negara Islam Afrika tidak ada kemungkinan untuk membuat Metal dengan lirik anti-Islam. Anda akan memiliki masalah serius dengan pemerintah.

Maelstorm: Berbicara tentang metal bawah tanah dan mengambil contoh misalnya black metal. Saya baru saja selesai mewawancarai orang ini dari sebuah band black metal Jerman, Nargaroth. Dia berbicara begitu banyak tentang orang pembenci dia dan betapa dia ingin dibiarkan sendiri. Tapi jawabannya benar-benar sangat panjang. Itu hanya salah satu contoh dari dualitas citra hal membenci orang, tapi pada saat yang sama ingin diterima dan dipuji. Anda telah begitu banyak pengalaman dalam lirik metal soal kebencian, kemarahan dan kekerasan, tapi pada saat yang sama ada begitu banyak cinta di TKP: semua orang ingin saling mendukung dan saling membantu.

Muhammad Suiçmez: Dualitas? mengapa itu ada? Saya tidak dapat berbicara untuk laki-laki di Nargaroth. Aku berhati-hati ketika menilai orang seperti dia. Hal ini tergantung pada usia Anda dan bagaimana Anda mengambil serius hal ini. Apa yang saya alami adalah ketika seorang pria bermain di sebuah band black metal, ia tidak dapat berbicara tentang cinta dalam wawancara. Orang-orang black metal tidak berbeda dari orang lain. Aku tidak percaya salah satu orang black metal percaya pada apa yang mereka katakan. Aku hampir yakin, katakanlah lima tahun ketika mereka berhenti bermain black metal, mereka tidak akan berbicara kotor seperti itu lagi. Saya rasa ini adalah keyakinan yang kosong, hanya saja masalah waktu untuk mereka. Jika Anda bermain di sebuah band death metal dan berbicara tentang bunga, Anda tidak bisa melakukan itu.

Untuk berbicara tentang underground; Ketika saya berbicara tentang underground, tidak semua label underground melakukan konser. Ini bukan bawah tanah. “Underground” adalah orang-orang seperti Andee (Connors, of Tumult Records) yang melakukan lebih banyak lagi tanpa ada hubungannya dengan bisnis. Mereka mendengarkan death metal, satu-satunya hal yang harus mereka lakukan dengan TKP. Mereka mencintai musik. Semua ini “Underground” label tidak benar-benar “bawah tanah.” Percayalah padaku. Saya memiliki pengalaman cukup. Pada akhirnya, semua dari mereka ingin mendapatkan uang. Orang-orang yang memiliki label Underground, mungkin mereka harus bekerja selain dari kegiatan bermusik mereka. Bagi saya yang sepertinya seperti sebuah perjuangan untuk keluar dari bawah tanah.

 

Doc: December Underground

Tinggalkan Balasan

